Kamis, 19 September 2013

CONTOH PIDATO PERPISAHAN KELAS XII


Yth. Bapak kepala sekolah SMA PGRI 1 Kromengan
Yth. Bapak/ibu dewan guru
Yth. Bapak/ibu wali murid
Serta kakak-kakak kelas yang saya banggakan
                Pertama-tama marilah kita panjatkan puja dan puji syukur kehadirat tuhan yang maha esa yang telah melimpahkan rahmatnya kepada kita, sehingga pada siang hari ini kita dapat berkumpul di tempat ini dalam acara perpisahan kelas XII sma pgri 1 kromengan, dalam keadaan sehat walafiat. Amin....
                Hadirin yang berbahagia,
                Pada kesempatan kali ini, saya sebagai wakil dari kelas X dan XI ingin menyampaikan kata-kata perpisahan , pesan maupun kesan yang berkenaan dengan berakhirnya kegiatan belajar kakak-kakak kelas XII di SMA PGRI 1 KROMENGAN.
                Kakak-kakak yang kami banggakan,
                3 tahun sudah kakak-kakak mengeyam pendidikan di sekolah ini bersama-sama dengan kami. Hari ini merupakan hari terakhir kakak-kakak bersama kami adik-adik kelas X dan XI, hari yang penuh kenagan bagi kita semua. Dimana suasana ceria, gembira, sedih dan haru berbaur menjadi satu. Ceria dan gembira karena hari ini dapat berkumpul dan bercengkrama dalam suasana penuh keakraban, sementara itu suasana sedih dan haru menyelinap pula ke lubuk hati kita, karena tak lama lagi kakak- kakak akan bepisah dan meninggalkan  kami adik-adik kelas X dan XI. Kata perpisahan selalu menyisakan kesedihan dan keharuan di hati setiap kita yang mendengarnya apalagi yang mengalaminya. Namun hal ini harus kita alami dan jalani karena telah merupakan kodrat alam sebab setiap ada pertemuan pasti ada perpisahan.
                Kakak-kakak yang kami cintai,
                Selama kami bergaul dengan kakak-kakak, telah banyak pengalaman-pengalaman berharga yang kami peroleh, baik itu dalam berorganisasi maupun pengalaman yang berupa ketrampilan.pengalaman pengalaman tersebut sangat berguna bagi kami terutama dalam hal pembentukan sikap, kepribadian dan karakter. Untuk itu pada kesempatan kali ini kami mengucapakan terima kasih kepada kakak-kakak yang telah dan membimbing kami dan mentransfer   pengalaman berharga tersebut kepada kami, dan jasa-jasa kakak selalu terpatri bersama kenangan lainnya. Kemudian disamping itu, kami menyadari selama kami bergaul bersama kakak-kakak tentunya tak lepas dari kesalahan dan kekhilafan, maka dalam kesempatan kali ini kami mohon maaf yang sebesar-besarnya. Sebaliknya, jikalau kesalahan dan kekhilafan kakak-kakak terhadap adik-adik kelas X dan XI, kami pun telah memaafkannya terlebih dahulu.
                Kakak-kakak yang kami banggakan,
                Di ujung kebersamaan kita ini tiada kata-kata yang indah yang dapat kami rangkai untuk mengiringi kepergian kakak-kakak kecuali pesan dan doa dari kami adik-adik kelas X dan XI. Pesan kami kepada kakak-kakak, ketahuilah bahwa perpisahan ini merupakan  akhir dan kebersamaan kita di SMA PGRI 1 yang kita cintai ini, dan merupakan awal bagi kakak-kakak melangkah dan menapakkan kaki ke masa depan guna meraih cita-cita. Melangkahlah dengan pasti untuk meraih bintang, menggapai cita-cita yang lebih baik, kami adik-adik akan mengirin gi dengan doa semoga apa yang kakak cita-citakan tercapai hendaknya. Jika nantinya kakak-kakak melanjutkan pendidikan di perguruan tinggi/ langsung memsuki dunia usaha/ terjun ke masyarakat. Maka jagalah baik almamater, nama baik SMA PGRI 1 kromengan, nama baik keluarga,dan nama baik kita sendiri.  Ingat dan hormatilah bapak/ibu guru yang telah bersusah payah mendidik, membimbing dan mengajar kita selama3 tahun di sekolah ini.
                Hadirin yang berbahagia’
                Demikianlah pesan dan kesan yang dapat saya sampaikan, jikalau ada kata-kata yang salah , mohon dimaafkan. Sebelum saya mengakhiri pidato, izinkan saya untuk membacakan sebuah pantun :
Orang aceh sedang sembayang , hari jumat tengah hari , Pergilah kakak pergilah berjuang, pandai-pandailah menjaga diri. Akhir kata.. Wassalamualaikum...........

               
               

2 komentar: